Sunday, August 06, 2006

Cotton Sponge Cake

Cake yang saya pake untuk buat Tiramisu saya buat dengan resep ini. This recipe had been my favourite cake recipe ever since I found it. It's quite easy, not as complicated as sponge cake.. at least I guess.. he he..the texture is soft, smooth and 'flufy', ga bikin enek gitu.. I got this recipe from a book titled : SPONGE CAKE, Selembut Kapas, the author is AMBARINI and published by Gramedia. I'll post the picture of this book latter..WEll, this is the recipe..
Bahan A :
60 gram mentega tawar
80 ml susu evaporated
80 gram tepung terigu protein rendah
1 butir telur
1/4 sendok teh vanili bubuk
sedikit / sejumput garam
Bahan B :
5 putih telur
120 gram gula pasir halus
1/8 sendok teh garam
1/2 sendok teh cream of tartar
Cara membuat :
1. Siapkan loyang, alasi dengan kertas roti, tidak perlu dioles.
2. Panaskan oven hingga bersuhu 160 derajat Celcius.
3. Campur mentega dan susu evaporated dalam panci, jerangkan di atas api kecil hingga hangat saja, angkat. Masukkan terigu, aduk rata, masukkan telur utuh, kuning telur, vanili dan garam, aduk rata hingga halus.
4. Kocok putih telur, cream of tartar, gula pasir dan garam, kocok hingga membentuk puncak tumpul, namun jangan terlalu kaku.
5. Masukkan adonan putih telur sedikit ke dalam adonan kuning telur, aduk rata. Kemudian masukkan adonan kuning telur tadi sedikit-sedikit sambil diaduk ke dalam adonan putih telur.
6. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan, masukkan ke dalam oven.
7. Panggang kurang lebih 40 menit hingga matang, kuning kecoklatan. Angkat.
8. Langsung keluarkan dari loyang dengan cara membalik cake, buang kertas rotinya, lalu dinginkan diatas rak kawat.

Happy baking.. Oiya, ini cake jadinya emang nggak 'tinggi' banget kayak sponge cake. tapi pori-pori nya halus banget, bahkan nyaris tanpa pori kalo aku bilang sih. Aku biasa pake loyang bulet dimeter 22 cm, dan untuk tiramisu itu, aku bikin 2 resep untuk 2 layer itu.

10 Comments:

Anonymous Anonymous said...

akhirnya dapet juga resepnya. thanks mbak.

8:28 PM  
Anonymous ane said...

mbak, mentega tawar tu maksutnya mentega putih ya?

7:48 PM  
Blogger Endah said...

Hi Ane. Mentega tawar berbeda dengan mentega putih yang biasa digunakan untuk cake decorating. Mentega tawar bisa dibeli di swalayan besar. Kalo mereknya, aku biasa pake An**r butter.

9:57 PM  
Anonymous Ita said...

mbak susu evaporated bisa diganti nggak dengan susu bubuk yang dicairkan ?

8:33 PM  
Blogger Endah said...

Ita, kayaknya nggak bisa deh.. tapi aku belum coba juga sih, kalo bikin cake yang di resep susu cair aku pake susu evaporated sih sering.. he he..

10:14 PM  
Anonymous Anonymous said...

Hi en kuning telurnya butuh berapa butir

4:50 PM  
Anonymous Anonymous said...

iya mbak endah pake kuning telurnya berapa?

6:52 AM  
Anonymous Anonymous said...

Hi, I happen to surf the net and by chance saw your recipe on Cotton Sponge Cake. It looks very nice, soft and fluffy. However, I don't understand Indonesian. If its not too much trouble, can you translate it for me to English? My email address jogoh_62@yahoo.com.sg
Thanks in advance!

yeng

2:03 AM  
Blogger cica said...

yang dimaksud susu evaporated itu apa mbak,apa sejenis doublecream?

4:44 AM  
Blogger Alia said...

Cica, susu evaporated beda ama double cream. Biasanya aku pake merk Carnation. Banyak kok dijual di pasar atau supermarket besar. Selamat mencoba ya.

2:54 AM  

Post a Comment

<< Home